Penerapan Ilmu Mata Kuliah Kewirausahaan Melalui Alley Market 2022

 


Alley Market, apa itu? Alley Market ialah sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan inovasi mereka di bidang kewirausahaan sebagai implementasi mata kuliah Kewirausahaan Stratejik, juga untuk meningkatkan semangat entrepreneurship. Lalu, ada apa aja sih produk yang mereka tawarkan? Tentunya banyak dong Sobat BFast, mulai dari makanan, produk fashion, hingga produk teknologi yang berhasil dikembangkan oleh mahasiswa/i kreatif dari program studi Administrasi Bisnis, Universitas Indonesia.

Dalam Instagram live pada akun @alleymarketui, yang diadakan pada tanggal 3-4 Juni 2022, terdapat 18 tim yang membawa produk hasil kreasi mereka untuk dipaparkan dan tentunya juga dipromosikan kepada khalayak luas. Berikut ialah produk-produk yang ditawarkan :

  • YouV, yakni sterilizer box yang memanfaatkan teknologi lampu ultraviolet.
  • Kyubtea, merupakan produk teh tanpa kantong yang dapat larut dalam air.
  • Clay with Me, merupakan sabun organik dari tanah liat untuk membersihkan najis besar karena hewan peliharaan, serta menyehatkan kulit.
  • ARUMI, yakni produk aksesoris multifungsi sebagai diffuser.
  • Gaia, merupakan produk T-Shirt yang bertemakan isu-isu lingkungan.
  • BrainFood, yakni brownie cookies sehat berbahan dasar flaxseed dan kakao kaya omega-3 dan antioksidan.
  • Seventy Percent, yakni produk hanging wallet fleksibel yang dikemas cocok untuk generasi Z. 
  • NPM Creative, merupakan agensi marketing yang membantu suatu komunitas dalam berbagai bentuk promosi.
  • Bakawan, merupakan clutch bag yang memanfaatkan limbah serbuk kayu.
  • ALL in Sunday, merupakan produk busana multifungsi berupa outer scarf dengan motif keindahan alam Indonesia. 
  • Amerta, ialah produk aksesoris yang menerapkan slow production dan teknik daur ulang.
  • Leder Project, ialah produk card holder menggunakan bahan vachetta leather yang ramah lingkungan.
  • Axen, ialah platform bagi desainer lokal untuk mengenalkan karyanya melalui produk kaos.
  • Maneka, ialah produk kemeja dengan bordir bertemakan budaya khas Indonesia.
  • Haroom, yakni produk scanted candle dengan aroma khas nusantara.
  • Vivere, yakni produk jaket yang reversible dan waterproof.
  • Majesty Collection, ialah kemeja dengan kombinasi kain ecoprint bertemakan menjaga keseimbangan alam.
  • Presensee, merupakan aplikasi yang dapat membantu sistem administrasi sekolah dengan berbagai fitur canggih.

Gimana? Keren-keren banget kan Sobat BFast! Nah, fakta uniknya, dalam pembuatan produk-produk di atas, semua tim menerapkan setidaknya satu indikator dari SDGs (Sustainable Development Goals). Dengan manfaatnya masing-masing dan harga yang terjangkau, kalian bisa mendapatkan produk mereka melalui platform yang mereka sediakan. Yuk, langsung aja kepoin akun Instagram mereka atau bisa cek akun @alleymarketui untuk dapatkan produk yang kalian suka!!










Powered by Blogger.