Mengahadapi Quarter Life Crisis Dengan Bijak


  Halo halo sobat Bfast!

Sekarang ini lagi maraknya webinar-webinar mengenai kesehatan mental nih Bfriends. Kebetulan banget tim Bfast diberikan kesempatan untuk mengikuti webinar mengenai quarter life crisis yang diadakan dari Kementerian Advokesma BEM FIA UB.


Webinar Safe Zone: “Quarter Life Crisis: Optimizing Productivity and Search identity During The Quarter Life Crisis” ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2023 lalu yang dimana dihadiri dengan dua narasumber berkompeten di bidang kesehatan mental nih, yaitu ada Rr. Nia Paramita Yusuf, M.Si., M.Psi., Psikolog dan Vidya Nindhita, M.Psi., Psikolog.


Pada webinar ini benar-benar banyak banget insights mengenai cara menghadapi quarter life crisis dan faktor-faktornya. Para narasumber atau pembicara webinar ini memberikan apa saja yang menjadi faktor quarter life crisis, yaitu ada faktor internal seperti identity exploration, instability, being self-focus, feeling in between, dan the age of possibilities serta ada faktor eksternal seperti teman, percintaan/relasi dengan keluarga, kehidupan pekerjaan & karir, dan tantangan akademik. Faktor-faktor diatas bisa membuat individu merasa dalam quarter life crisis nya.


Selain itu, terdapat 4 tahap seseorang mengalami quarter life crisis yaitu yang pertama adalah looked in dimana individu mengalami kebingungan dan keraguan serta cenderung menyembunyikan perasaan pribadinya, yang kedua adalah separation individu mulai kehilangan identitas untuk sementara waktu, yang ketiga adalah exploration dimana individu kembali mengeksplorasi diri dan eksperimen, dan tahap yang terakhir adalah rebuilding yaitu individu mulai dapat mengarahkan perasaan diri, memiliki rasa kepuasaan dan kontrol yang lebih besar pada dirinya dibandingkan dengan kehidupannya sebelum krisis.


Pembicara juga memberikan cara-cara menghadapi quarter life crisis ini loh Bfriends! Diantaranya adalah dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, belajar mencintai diri sendiri, ubah keraguan menjadi tindakan, temukan orang yang dapat menjadi support system, olahraga, batasi penggunaan sosmed, focused therapy, dan talking therapy


Setelah itu masih banyak lagi pembicaraan tentang quarter life crisis dan optimizing productivity oleh narasumber. Nah, di webinar ini para pengisi acara juga mengadakan quizzes dengan peserta yang hadir mengenai materi yang disampaikan oleh narasumber dan bagi pemenangnya akan mendapatkan doorprize. Selain mendengar dan mendapat insight tentang materinya, peserta yang hadir juga akan mendapatkan sertifikat, terdapat sharing session with expert speaker dimana para peserta bebas untuk bertanya mengenai permasalahan yang dialaminya, dan mendapatkan doorprize yang menarik loh Bfriends! Bagus-bagus banget kan benefits yang didapatkan lewat webinar ini? Semoga dengan ini para Bfriends bisa mengaplikasikan cara-cara menghadapi quarter life crisis disini dengan baik ya. Salam sehat Bfriends!




Powered by Blogger.