Galery of Our Hereditary: Mengenal Lebih Dekat Dengan Budaya Jawa Melalui Galeri Seni

 


Haloo para Bfriends semua!
Merasa gak sih kalau sekarang-sekarang ini lagi marak-maraknya art gallery dengan tema apapun yang hampir setiap bulannya tuh ada aja yang adain. Hmm kebetulan MinB kali ini datang lagi ke art gallery tapi yang bertemakan budaya Jawa. Menarik banget kan Bfriends? Jarang-jarang loh art gallery yang bertemakan seperti ini. Yuk langsung aja MinB eksekusi keseruan apa saja di event art gallery ini.

Nah, untuk art gallery yang MinB datengin kali ini adalah Galeri Jawadwipa yang merupakan rangkaian acara dari Fasta De Java yang diselenggarakan oleh MiXth Event Organizer FISIP UB pada tanggal 26-29 Oktober 2023 kemarin nih sobat Bfast. Exhibiton ini diadakan di Galeri Raos Batu dari jam 11.00 - 20.00 WIB. Galeri Jawadwipa sendiri adalah pameran karya lukis, seni pahat, projection mapping, dan istalasi oleh Sket Ndek Kene, Kursi Terus, Teras Gambar, Abdul Sukur, Novia Dina, dan Gideon Yudista.

Kata Jawadwipa ini diambil dari nama yang diberikan oleh nenek moyang terdahulu yang berarti pulau yang makmur akan padi atau secara etimologis nya itu berarti Pulau Jawa. Galeri Jawadwipa ini mengambil tema budaya Jawa sehingga seni-seni yang ditampilkan pada art gallery ini mempresentasikan budaya Jawa dari berbagai wilayahnya dengan sangat cantik.

Saat pertama kali masuk ke dalam ruangan art gallerynya, kita sudah disajikan dengan seni pahat karya Abdul Sukur yaitu seorang seniman patung yang berkarya dan berdomisili di Kota Batu, Jawa Timur. Beberapa karya beliau kerap menampilkan eksotisme guratan kayu baik dalam karya seni figuratif dan non-figuratif. Selanjutnya terdapat seni lukis dan seni sketan karya Sket Ndek Kene dan Teras Gambar. Sket Ndek Kene merupakan kelanjutan program menggambar sketsa bareng yang diinsiasi oleh Wilujeng Aggraeni dan Maruto Sepitiriyono pada tahun 2021. Mereka mengenalkan penggunaan media pena bambu dan tinta cina dalam membuat sketsa. Teras Gambar adalah sebuah kegiatan yang serupa dengan Sket Ndek Kene, tetapi kegiatan ini dilaksanakan di sekitaran Wagir yang bertujuan untuk mengumpulkan seniman-seniman lokal khususnya di daerah Wagir dan sekitarnya.

  Selain itu, terdapat seni digital karya Novia dibantu dengan teman-temannya Nada, Nur malita, dan Zara. Novia merupakan mahasiswi DKV di Universitas Negeri Malang yang senang menggambar ilustrasi dengan tema girly dan suka menggunakan warna cerah pada karyanya. Nah, gak cuma seni-seni itu aja nih sobat Bfast, masih terdapat projection mapping karya Gideon yang merupakan seorang mahasiswa aktif yang telah terjun di dunia audio visual seperti fotografi, videografi, cinematografi, dan juga motion graphics. Pada ruangan ini, kita disambut dengan layar projector yang besar menampilkan gambar-gambar atau animasi bertemakan budaya Jawa salah satunya gambar wayang. Disini kami juga dialunkan dengan musik tradisional Jawa yang sangat kontras dengan berbagai karya seni yang ditampilkan.   

Dan yang terakhir dari pameran seni ini terdapat mix media art karya Kursi Terus. Anas Wiguna (Kursi Terus) merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang mempunyai fokus pada bidang seni yaitu dengan saling berbagi rasa dan sarana komunikasi dalam bentuk karya seni. Disini, Kursi Terus banyak menampilkan karya dalam bentuk 3D seperti wayang dan terdapat sketsa dan lukisan juga yang ditampilkannya loh Bfriends!

Sebelum pulang para pengunjung juga bisa iku menggambar pada canvas yang sudah disediakan beserta dengan sketsanya. Jadi, kita bisa painting bebas di canvas tersebut dengan warna yang kita mau! Wah wah wah bener-bener kesempatan emas banget yaa untuk bisa melihat karya seni dari seniman-seniman hebat ini semua secara langsung Bfriends ^-^ 

Nah, Bfriends sendiri pada suka juga gak nih ke art gallery kayak gini?










Powered by Blogger.