Get To Know More About Scholarship With LPDP Awardee

 


Hola sobat Bfast!
Kembali lagi nih sama MinB untuk ceritain gimana keseruan acara yang MinB datengin kali ini. Dan kebetulan event yang MinB datengin ini akan membuat pikiran para sobat Bfast semuanya untuk lebih terbuka mengenai scholarship atau beasiswa untuk pendidikan selanjutnya nih sobat Bfast.

Event yang MinB datengin adalah SCHOLARSPHERE 2023 SEMINAR AND TALKSHOW dengan tema yang diambil yaitu "Enlighten Your Future Preperation and Self-Empower in Grabbing Your Dream Scholarship". Acara ini diadakan oleh Advokesma EM Universitas Brawaijaya yang diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2023 tepatnya di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. 

Pada acara ini para audience akan mendapatkan benefit yang banyak sekali diantaranya yaitu mendapatkan scholarship insights, e-certificate, snack, souvenir, e-money, dan photobooth. Oh iya pada acara ini juga akan diberikan doorprize bagi para penanya terbaik akan acara ini loh Bfriends. Jadi, bener-bener gak sia-sia banget untuk para audience datang ke acara ini termasuk juga MinB. Selain itu, pada scholarship expo ini terdapat booth-booth mengenai scholarship diantaranya dari Bank Indonesia, Bakti BCA, Paragon, dan lain sebagainya,

Nah, acara scholarship expo ini dinaungi dengan tiga speakers yang dimana terdapat 2 sesi pemateri dan 1 sesi talkshow. Sesi pemateri pertama dilakukan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Bambang Susilo M.Sc.Agr. Beliau merupakan reviewer akademisi beasiswa LPDP dan seorang Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UB. Disini, beliau menjelaskan tentang syarat-syarat apa saja untuk pendaftar program magister maupun doktor di LPDP. Setelah itu beliau menjelaskan mengenai proses seleksi program beasiswa LPDP ini yaitu terdapat seleksi administrasi, assessement online, dan seleksi substansi. Disini beliau juga menjelaskan lebih lanjut mengenai visi dan misi LPDP, tujuan adanya beasiswa LPDP ini, dan layanan program beasiswa apa saja yang diberikan oleh LPDP. Beliau juga mengeaskan nih ke para audience semua kalau kita harus mengganti kata mimpi menjadi impian untuk bisa kita capai nantinya bukan hanya sekedar mimpi bangun dari tidur nih Bfriends!

Sesi kedua yaitu talkshow bersama Kak Luluil Maknun yang merupakan Awardee Financement De La Recherche E25 CNRS, Uppa France, dan Awadee Tahiland. Pada sesi talkshow kali ini, Kak Luluil menceritakan banyak pengalamannya sebagai awardee LPDP ini nih Bfriends. Disini beliau menceritakan tantangan perjalanan dia untuk mendapatkan shcolarship ini dari yang tidak tahu apa apa dan berujung meresearch sendiri. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang benefit-benefit yang didapatkannya dari beasiswa tersebut contohnya menambah koneksi (link) ke banyak orang terutama kepada profesor di kampus, Tantangan lainya yang diceritakan beliau adalah adanya culture shock yang dialami di negara yang ditujunya yaitu di Thailand dan Perancis. Mulai dari cara berkomunikasi satu sama lain, lifestyle yang 180 derajat yang berbeda, cara beradptasi dengan lingkungan dan cuaca negaranya, dan bahkan sistem pendidikan yang berbeda antara Thailand dan Perancis.

Dan untuk sesi terakhir dilakukan oleh pemateri yang gak kalah keren yaitu Kak Rahadian Mandala Putra. Beliau merupakan seorang Founder Edupolithink dan awardee beasiswa Bank Indonesia kategori unggulan serta content creator TikTok dengan followers lebih dari 20k. Nah, pada sesi ini beliau menjelaskan tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari scholarship, salah satunya adalah kemudahan akses pendidikan yang berkualitas. Beliau juga menjelaskan tentang mengapa kita harus menerima beasiswa yaitu karena adanya pembebasan biaya pendidikan, peluang karir yang bagus, dan jejaring (link) yang luas. Selain itu, beliau memberitahu tips & trick mencari beasiswa seperti cari info dari berbagai sumber & dapat dipastikan pilihan tersebut dapat membuat kita bisa berkembang. Dan terakhir beliau memberi tahu hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk beasiswa dan diberikan tips & trick menegnai cara menulis CV, essay, dan melakukan interview dengan baik. Setelah itu ditutup dengan menceritakan pengalamannya mengenai beasiswa yang diterimanya.

Eits, tentu saja belum langsung selesai setelah ketiga speakers ini selesai. Masih ada games melalui quizizz yang dilakukan oleh para audience yang stelahnya akan diberikan doorprize bagi yang menang atau mendapatkan skor yang tinggi akan pembahasan dalam acara ini. Doorprize ini juga diberikan kepada penanya terbaik yang dilakukan pada sesi QnA dengan para pemateri di acara ini loh Bfriends!

Waaah gimana nih sobat Bfast semua, bener-bener insightful dan worth to attend banget kan acara Scholarsphere 2023 ini? MinB sih suka banget dengan acara seperti ini nih Bfriends yang bisa kasih manfaat banyak sekali kepada para audiencenya. Kalau Bfriends ada gak yang kira-kira interest untuk coba daftar scholarship seperti ini? Kalau ada bisa sharing langsung aja nih apa lembaganya dan kira kira apa aja sih yang bisa buat Bfriends tertarik, tulis di kolom comment yaa! Byee see you in the next event Bfriends.

Powered by Blogger.